Kominfo Ungkap Soal Infrastruktur Internet di Ibu Kota Baru

Kominfo Ungkap Soal Infrastruktur Internet di Ibu Kota Baru Ilustrasi (Istockphoto/ stevanovicigor) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur membutuhkan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan internet yang andal.

"Nanti baru membentuk banyak ring, jadi kalau Palapa Ring untuk Indonesia. Untuk Kalimantan sendiri harus banyak Palapa Ring, keterandalannya harus tinggi," kata Rudiantara di kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memastikan ibu kota baru berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara untuk menggantikan Jakarta. Jokowi beralasan Kaltim dipilih karena pertimbangan strategis dan kebencanaan.  .


Rudiantara mengatakan nantinya infrastruktur jaringan akan dibangun di bahu jalan yang telah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Salah satu yang dimanfaatkan adalah jalan yang dibangun Kementerian PUPR di perbatasan. Batas Indonesia dengan Malaysia itu kurang lebih 300 KM, di bahu jalan kita akan bangun fiber optik, sehingga nanti Kalimantan ring-nya akan semakin bagus," ujarnya.

Berkaca pada pembangunan Palapa Ring dengan model Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), Rudiantara menjawab model pembangunan infrastruktur jaringan di Kalimantan harus dibicarakan dengan operator.

"Kita bicarakan dengan operator, mau bangun tidak. Tapi dengan syarat operator kalau mau bangun harus dibuka kepada operator lain. Konsep harus sharing," kata Rudiantara.

Rudiantara mengatakan akan melakukan pertemuan dengan operator untuk meningkatkan keterandalan jaringan telekomunikasi di Kalimantan.

"Nanti ada khusus pertemuan dengan operator untuk membahas rencana di Kalimantan. Namanya bukan Palapa Ring, tapi bentuk Palapa Ring khusus untuk Kalimantan," katanya.

Share:

Recent Posts